Rekomendasi syaikh Rabi’ atas Darul Hadits di Dammaj

285
0
BERBAGI
Pujian Asy-Syaikh Robi’ bin Hadi Al-Madkhali terhadap Darul Hadits Dammaj, Yaman
Dari pertanyaan yang diajukan kepada Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali pada 23 Ramadhan 1424 H.
Pertanyaan: Apa pendapat Asy-Syaikh terhadap Ma’had Darul Hadits di Dammaj, Yaman? Saya (penanya) adalah penuntut ilmu pemula yang hendak menuntut ilmu.
Jawaban Asy-Syaikh: “Ya, hendaknya kamu bepergian untuk menuntut ilmu di salah satu ikatan-ikatan Islam dan rambu-rambu Islam.
Pergilah ke sana untuk menuntut ilmu. Insya Allah yang belajar di sana akan menemukan banyak kebaikan, As-sunnah, hidayah dan ittiba’ Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam. maka, kami sangat mendorong para pemuda/kaum muslimin untuk belajar di negeri tersebut yang merupakan salah satu dari sumber ikatan ilmu Islam.
Disana (di Ma’had Darul Hadits, red) terdapat banyak Ahlussunnah yang gigih mempertahankan dan mendakwahkan Assunnah, ilmu dan hidayah. Insya Allah.
Kita memohon kepada Allah mudah-mudahan Dia mengokohkan mereka di atas Assunnah, memberi manfaat melalui mereka dan menjadikan mereka pemegang bendera Assunnah pada zaman yang dikitari bid’ah-bid’ah dan fitnah.
Segala puji bagi Allah, bagi yang menghendaki kebaikan, hidayah dan menjauh dari fitnah-fitnah. Maka ia harus bergabung dengan sumber-sumber ikatan As sunnah.
Alhamdulillah sumber-sumber As Sunnah banyak ditemukan di beberapa negeri terutama di negeri yang bersangkutan (Yaman). DI SANA (Dammaj, Yaman, ed) SAYA MELIHAT GARIS YANG JELAS DAN TERANG ANTARA AS SUNNAH DAN BID’AH.
Maka selamat jalan saya ucapkan kepada pencari ilmu yang hendak berangkat ke sana (Dammaj, Yaman) untuk memetik secercah hidayah dan mengambil cahaya As Sunnah dari para pembelanya secara langsung.
(Diterjemahkan dari naskah asli oleh ustadz Ahmad Hamdani, al Andunsi, di Dammaj, Yaman, tanggal 21 Rabi’ul akhir 1424 H. Dikirimkan oleh Al Akh Ayip Syafrudin, Yaman)