Manhaj ‘Sana-Sini’ dalam sorotan Ulama’ (V)

335
0
BERBAGI
Pertanyaan 13-15: Contoh Ilustratif dari apa-apa yang tidak merugikan atau manfaat dalam memboikot, dan menguji mereka bagi yang mengaku bertobat dari hizbiyyah dengan mengamati apa mereka lakukan
Pertanyaan 13: Ada seorang laki-laki yang bersama kami, Syaikh Rabi pernah ditanya tentangnya beberapa waktu yang lalu
Syaikh Muhammad bin Hadi: [menyela]… di mana, di Libya?
Penanya: Di Libya
Syaikh Muhammad bin Hadi: Ya
Penanya: Maka beliau [Syaikh Rabi’] berkata bahwa ia adalah dari Ahlul Bid’ah, dan ia harus diboikot, dan [bahwa ia adalah] seorang Hizby. Dan menindaklanjuti pembicaraan yang telah disimpulkan ini, para pemuda mengambil fatwa ini, dan mereka memboikot individu ini. Tetapi ia mempunyai beberapa kekuatan di negeri tersebut dan ia bisa memindahkan sebagian dari pemuda Salafi dari mimbar (mesjid, yaitu memenjarakan mereka), dan pemuda tidak berhenti untuk memboikot dia dan tetap menyeru untuk memboikot dia!!
Syaikh Muhammad bin Hadi: Ketika hal itu tidak mempengaruhi Ahlus Sunnah, dan segala puji bagi Allaah, dan satu atau dua (diantara mereka) dipenjarakan, kemudian ini adalah bukan [dianggap] suatu pengaruh, hal ini tidaklah berpengaruh, dan Sunnah tetap dan [masih] nampak. Sedangkan ketika dikhawatirkan bagi Ahlus Sunnah secara umum dari yang serupa dengan ini [seperti] garis keturunan mereka (yaitu. kesinambungan) akan dipotong [dan diakhiri], maka tidak! Syaikh Rabi tidak berbicara dengan ini, dan kita mengetahui dia sebagai yang terbesar dari orang-orang dalam menjaga di atas manfaat dan mudharat.
Pertanyaan 14: Ketika kita ingin memperingatkan dari seseorang, mereka katakan bahwa “Ia mempunyai ushul Salafy”, jadi siapakah orang yang harus menilai bahwa ia mempunyai ushul Salafy?
Syaikh Muhammad bin Hadi: Ini adalah pertanyaan yang mengambang… Ushul Salafy, apa maksudnya ?!!! Orang yang ushul-nya adalah Salafi, ia adalah seorang Salafi, dan seorang Salafi tidaklah dingatkan supaya hati-hati terhadapnya. Hanyalah seorang khalafi yang dingatkan supaya hati-hati terhadapnya, dan oleh karena itu, tidak akan tersisa bersamanya ushul Salafy, atau [Kata tidak jelas] suatu asal dari asas Salafiyyah bersamanya, apa yang akan tersisa?!! Maksudnya, pembicaraan tersebut tidaklah tepat, jelaskan kepada kami dengan suatu contoh yang menjelaskannya sedemikian sehingga aku dapat memahaminya!
Pertanyaan 15: Apakah pernyataan taubat seseorang dari Hizbiyyah yang diterima, dan apakah boikot disingkirkan darinya dengan seketika, atau setelah satu tahun sebagaimana Umar (Radiyallaahu ‘anhu) lakukan atas Subaigh bin ‘Asal?!!
Syaikh Muhammad bin Hadi: seseorang yang bertaubat dari Hizbiyyah, kita uji (perhatikan) dia, kita uji dia! [Kita] tidak [lakukan], ketika ia datang mendekat kepada kita, (kita) tinggalkan dia dan untuk semata-mata kedengkian (kita) mengatakan “mencari-cari kesalahannya”? Tidak! Kita uji dia. Bagaimana cara kita menguji dia? Dengan dia tinggal bersama kita (yaitu. bercampur di antara kita). Ya, ia telah menentang kita, lalu ketika ia berkata “Aku bertaubat kepada Allah”…kemudian kita katakan “Selamat datang”, kita hanya mempunyai (manifestasi/kenampakan) yang keluar darinya [untuk menilai], tetapi manifestasi yang keluar ini dibuat nyata dengan apa? Dengan interaksi, pencampuran (dengan dia), dan jika ia sedang menyembunyikan sesuatu dari kita, maka sesungguhnya Allaah, ‘Azza wa Jalla akan membongkarnya. Dan kita katakan, “berjalan di antara manusia”, dan kita akan lihat dia, dalam sikapnya, dalam tindakannya, dan dalam istiqamahnya di atas manhaj Salafy, dan jika kita lihat dia atas selain dari itu, maka (kenyataan) yang tersembunyi padanya akan sudah menjadi nyata, dan kita akan sudah mengenal dia sebagai seorang kadzdzab (pendusta). Dan di samping itu bahwa kita juga menjaga diri kita.
Selesai.
(Sumber URL http://www.salafitalk.net/st/viewmessages.cfm?Forum=9&Topic=2970. Alih bahasa ke Inggris oleh Abu Iyaad, da’i Salafy dari Inggris dan pengelola Maktabah As Salafiyyah (Salafipublications.com). URL asli dalam bahasa Arab http://www.sahab.net/sahab/showthread.php?threadid=299633)